Header Ads

MIKROTIK

 



Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan berskala kecil maupun besar. Mikrotik menggunakan sistem operasi berbasis Linux yang berfungsi untuk mendukung router jaringan.

Jenis - Jenis Mikrotik 

1. Mikrotik RouterOS

Salah satu jenis mikrotik yaitu mikrotik routerOS. Ini merupakan mikrotik yang beroperasi dengan sistem berbais UNIX, sehingga pengguna bisa mengubah komputer biasa mereka menjadi router.

Tidak hanya dapat berfungsi sebagai router, mikrotik routerOS juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti hotspotbridgeproxy serverfirewall, dan lainnya.

Dengan mikrotik jenis ini, kamu langsung bisa menciptakan router sendiri.

2. Mikrotik RouterBoard

Ada juga jenis mikrotik routerboard yang memanfaatkan sistem operasi perangkat keras. Ini mirip dengan router internet pada umumnya.

Mikrotik yang beroperasi dengan sistem perangkat keras ini dikembangkan oleh perusahaan mikrotik sehingga harus memiliki sistem operasi routerOS untuk dapat bekerja.

Mikrotik routerboard memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis. Routerboard ini terdiri atas processor, RAM, ROM, dan memory flash.

Dengan mikrotik routerboard, kamu bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada perangkat komputer. Sebab, fungsi router telah tertanam di dalamnya.

Jenis mikrotik ini banyak dipilih karena lebih hemat biaya dengan penggunaan 2,3 watt saja, proses pemasangannya pun cukup mudah, dan komputer yang digunakan tidak harus berspesifikasi tinggi.  


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.